Tag

,


Jakarta (ANTARA News) – Kementerian Riset dan Teknologi bekerja sama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Mapiptek) mengadakan lomba penulisan iptek, baik untuk kalangan wartawan maupun masyarakat umum dalam rangka Hari Kebangkitan Teknologi Nasional.

“Melalui upaya ini, kami berharap kalangan wartawan dan penulis di Indonesia terpacu mengangkat isu tentang inovasi yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memunculkan inovator yang berhasil,” kata Ketua Mapiptek Yuni Ikawati di Jakarta, Jumat.

Upaya ini, lanjut dia, diharapkan dapat menumbuhkan minat masyarakat untuk mengetahui, memanfaatkan hingga mengembangkan iptek dalam kehidupan sehari-hari. Langkah ini diyakini menjadi salah satu cara untuk mengembangkan budaya iptek.

Penyelenggaraan Lomba Penulisan Iptek tahun 2011 merupakan kelanjutan dari lomba serupa yang diadakan sejak tahun 2005 dan bertujuan meningkatkan penyebaran informasi iptek kepada masyarakat serta menyosialisasikan iptek dalam berbagai bidang kehidupan manusia.

Temanya berkaitan dengan isu tentang inovasi yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yakni topik di bidang Pangan bidang Informasi dan Komunikasi, bidang Transportasi, bidang Energi, bidang Kesehatan dan Obat-obatan, bidang Material Maju, bidang Pertahanan dan Keamanan, bidang Kebencanaan dan isu tematik.

Kemristek Gelar Lomba Penulisan Iptek

Lomba penulisan ini terbuka untuk wartawan media cetak dan online dengan melampirkan fotokopi identitas wartawan, sedangkan penulis umum untuk tulisan yang disiarkan di media cetak dan online dengan menyertakan fotokopi KTP.

Naskah sudah harus diterbitkan di media massa mulai 10 Agustus 2010-10 Juli 2011 dan diterima paling akhir 24 Juli 2011.

Peserta mengirimkan naskah dalam bentuk kliping tulisan dan fotokopi rangkap tiga dan dikirim ke panitia lomba penulisan Iptek Hakteknas 2011 di Sekretariat Mapiptek di Press Room, Gedung II BPPT Lt. Dasar Jl. MH Thamrin No 8, Jakarta 10340, sedangkan keterangan lebih lanjut ke e-mail: mapiptek@cbn.net.id atau mapiptek@yahoo.com.

Pemenang lomba untuk wartawan yakni, juara I adalah uang Rp7.500.000 dan Piala Bergilir Menristek, juara II uang Rp5.000.000, dan juara III uang Rp2.500.000, ketiganya dilengkapi Plakat dan Piagam.

Sedangkan untuk penulis umum, juara I uang Rp5.000.000 dan Piala Bergilir Menristek, juara II uang Rp3.000.000 dan juara III uang Rp2.000.000, ketiganya dilengkapi plakat dan piagam.

Sumber: Antaranews.com