Tag

,


YOGYAKARTA- UGM kembali meraih juara dalam Lomba Rancang Bangun Kuda-Kuda Tingkat Nasional yang digelar di Fakultas Teknik UGM, 1-3 Mei 2011. UGM mengungguli tim Civ Eng (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa/Untirta) di posisi kedua serta tim Insan Harapan (Politeknik Negeri Malang/Polinema) di posisi ketiga. Sementara itu, C2B dari ITB menjadi juara inovasi dan Mahadigdaya (ITENAS) menjadi juara favorit.

Kompetisi ini diadakan oleh KMTS (Keluarga Mahasiswa Teknik Sipil) Fakultas Teknik UGM untuk yang ketiga kalinya. Pada tahun ini, panitia mengangkat tema ‘Kuda-kuda yang Efektif dan Inovatif’ dan mengambil judul ‘Arch Design Competition’. Acara diawali dengan seleksi berkas proposal yang berisi desain masing-masing calon peserta, tercatat ada 37 proposal yang masuk.

Proposal diseleksi menjadi 20 terbaik oleh dewan juri yang kemudian diundang untuk hadir dalam acara final di Teknik UGM. Acara final diadakan pada 1-3 Mei 2011, terdiri atas technical meeting dan jamuan makan malam (H-1), pembuatan kuda-kuda dan presentasi (H-2), serta pengujian dan pengumuman pemenang (H-3). Acara berlangsung meriah karena dihadiri oleh 20 tim dari 15 universitas, antara lain, ITB, Unsri Palembang, Unhas Makassar, Universitas Negeri Gorontalo, UNS, UMS, UMY, UNTIRTA, Univ.Kristen Maranatha, UGM, Itenas Bandung, Univ. Gunadarma, Polinema, IPB, dan Undip.

Dewan juri kompetisi terdiri atas Ir. Mitrabani (Direktur PT Cakar Bumi), Ir. F.X. Sugiyanto, B.E., M.Eng., Ph.D. (PT Berkah Pertama Mandiri), Ir. Pranowo Widagdo, M.T. (dosen Universitas Atmajaya Yogyakarta), dan Ali Awaludin ,S.T., M.Eng., Ph.D. (dosen Struktur Kayu UGM). (Humas UGM/Satria AN)